Jumat, 30 Januari 2015

Manfaat asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan adalah salah satu type product asuransi yang dengan cara spesial menanggung cost kesehatan atau perawatan anggota asuransi itu bila mereka alami sakit atau kecelakaan.

Product asuransi kesehatan diadakan baik oleh perusahaan asuransi sosial, perusahaan asuransi jiwa, ataupun perusahaan asuransi umum. Sebagian perusahaan asuransi kerugian serta asuransi jiwa sudah dipasarkan juga program-program asuransi kesehatan dengan beragam jenis variannya.

Sebagian besar masyarakat Indonesia mungkin memang masih awam dengan hal ihwal asuransi. Masyarakat kita belum familiar dan belum sadar asuransi (insurance minded) seperti di negara-negara maju. Diperlukan pemberian pengertian yang terus menerus mengenai pentingnya berasuransi.

Salah satu pertanyaan umum yang biasa diajukan masyarakat tentang asuransi adalah "apa sih manfaat asuransi kesehatan bagi kita ?"

Untuk menjawab pertanyaan itu, silahkan baca manfaatnya dibawah ini.

Manfaat asuransi kesehatan
  • Membantu ketersediaan untuk semua kebutuhan biaya dokter, obat-obatan, rawat inap, sampai dengan tindakan operasi. Secara umum, jenis perawatan atau program yang tersedia adalah manfaat rawat jalan (outpatient), manfaat rawat inap (inpatient), manfaat persalinan, dan manfaat perawatan gigi.
  • Manfaat rawat inap (inpatient) yang dapat dinikmati oleh peserta asuransi kesehatan meliputi biaya rumah sakit, biaya laboratorium, biaya melahirkan, biaya darurat (emergency service). Adapun manfaat perawatan gigi terdiri dari pencegahan, perawatan gigi dasar, perawatan gigi kompleks, dan pemasangan gigi palsu.
  • Manfaat rawat jalan (outpatient) meliputi beban konsultasi dokter umum atau spesialis, obat menggunakan resep, biaya atas tindakan pencegahan, serta biaya alat-alat bantu yang dianjurkan oleh dokter. Terdapat batas maksimum penggunaan dana setiap tahunnya dalam manfaat rawat jalan.
Jumlah premi yang wajib dibayarkan dan besarnya nilai pertanggungan tergantung kepada program asuransi kesehatan yang kita pilih. Masing-masing perusahaan asuransi memiliki jenis program dan premi yang berbeda dengan rincian manfaat yang berbeda pula. Tentu saja perusahaan asuransi akan membatasi limit biaya yang bisa digunakan per-tahun.


Semoga berguna !


Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manfaat asuransi kesehatan